Objek Wisata Pantai Jogja yang populer sepanjang 2015

Dari hasil survei dan penelusuran JogjaUncover selama tahun 2015 ini, pantai Jogja menjadi tujuan destinasi utama wisatawan dalam negeri yang berlibur di Jogja. Diantara banyaknya objek wisata Gunung Kidul, pantai menjadi tujuan favorite, terutama yang ada di sepanjang pesisir selatan Gunung kidul.

Tercatat Pantai Gunung kidul yang di serbu wisatawan domestik tahun 2015 ini diantaranya adalah Indrayanti, Nglambor, dan Sadranan, disusul Pantai Jogan, Sepanjang, Pok Tunggal, Pantai Ngobaran dan Baron.
( Copas artikel, sertakan sumber jogjauncover.blogspot.co.id ).
Sementara itu Kulonprogo sedang mengalami kenaikan popularitas yang signifikan dan jadi buah bibir di Sosial media. Penyebabnya, tak lain dan tak bukan karena keberadaan Objek Wisata Kalibiru yang lagi naik daun sepanjang 2015.

Faktor kemudahan teknologi internet memang berpengaruh besar. Wisatawan memanfaatkan keyword pencarian informasi baik lokasi maupun foto via google dan sosial media. Peningkatan kedatangan wisatawan ke kota Jogja sepanjang 2015 terjadi pada bulan Juli-Agustus lalu dan nanti diprediksi mencapai puncak pada musim libur akhir tahun bulan Desember-Januari.

Wisatawan lokal ataupun domestik musim libur lalu sangat didominasi oleh penduduk pulau Jawa. Di objek wisata Pantai Jogja atau Pantai Gunung Kidul kebanyakan datang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Uniknya NTT jadi penyumbang jumlah wisatawan terbesar dari luar pulau Jawa.

Gunung Kidul memang mempesona, tatanan geologi di wilayah ini melahirkan topografi pantai yang indah. Satuan Pegunungan Selatan yang terletak di Kabupaten Gunung kidul, atau dikenal sebagai Pegunungan Seribu merupakan wilayah perbukitan batu gamping (limeston). Sebagai akibat proses pengangkatan, kawasan batu gamping di bagian paling selatan dari Pegunungan khususnya Gunung kidul berkembang menjadi topografi karst. Sementara itu, kenampakan platonya pun pada akhirnya berubah menjadi bukit-bukit kecil berbentuk kerucut (conical hillocks) yang dikenal dengan Gunung Sewu.

Satuan perbukitan kerucut meliputi daerah sebelah timur Parangtritis memanjang ke timur melewati daerah Baron, terus ke arah timur melewati Punung hingga ke daerah Pacitan. Daerah ini tersusun oleh bukit – bukit kecil berbentuk kerucut, tersusun oleh batu gamping, baik terumbu maupun klastik yang lain. Di pesisir pantai selatan, hantaman gelombang Samudera Hindia terus-menerus membentuk lereng-lereng terjal (cliff), yang di beberapa tempat diselingi oleh teluk-teluk yang sebagian terhubung dengan wilayah pedalaman melalui lembah-lembah kering.

Berikut alasan rata-rata Wisatawan yang datang ke pantai ini
Indrayanti : Fasilitas lengkap dan asik buat nongkrong
Nglambor : Snorkeling dan unik pantainya
Sadranan : Snorkeling dan arusnya lebih tenang
Jogan : Fenomen Air terjun di bibir pantai yang unik dan langka
Sepanjang : Pantainya cantik dan asik buat bermain. Beberapa wisatawan luar mengatakan mirip dengan kondisi Pantai Kuta yang ada di Bali.
Ngobaran : Pantai unik dengan gugusan karang dan juga mirip dengan di Bali
Pok Tunggal : Hamparan pasir putihnya sangat indah
Baron : Menyuguhkan aneka kuliner laut yang enak
Sementata untuk Wisata Kalibiru yang non Pantai alasannya adalah Pemandangannya keren dan foto selfie wisatawan yang tersebar di sosmed bikin iri :))

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger