Kincir Raksasa Pantai Gading Mas Bantul ( Samas )

Sejak Januari 2015 objek wisata Pantai Samas telah berubah nama menjadi Gading Mas, Pantai Jogja ini berlokasi di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul. Nama Gading Mas ini berasal dari dua kata yakni gading yang berarti kekuatan dan mas artinya keindahan. Pantai ini pada era 1980-1990an pernah menjadi primadona sebagai lokasi tujuan wisata paling favorit bagi wisatawan Jogja dan bersaing dengan Parangtriritis.

pantai samas jogja

Pemandangan yang indah, dilengkapi danau air asin yang terpisah dari laut dengan benteng alami berupa gundukan pasir. Pantai ini juga terkenal dengan istana tempat bertelurnya penyu.

Memurut warga Srigading, nama baru ini bertujuan untuk merubah citra buruk nama sebelumnya yang bernama Samas dan belakangan terkenal karena maraknya praktek prostitusi atau wisata "esek-esek", sejak banyaknya PSK yang mangkal di kawasan tersebut, jumlah wisatawan yang datang terus menurun dan lebih memilih lokasi lain disekitarnya.

Di pesisir selatan Pantai Bantul inilah nanti akan dibangun Kincir raksasa sebesar 60 meter persegi dan akan jadi ikon pariwisata baru. Kincir raksasa ini adalah bagian dari Pembangkit Listrik Tenaga Bayu / Angin (PLTB) yang menghasilkan energi sebesar 50 Mega Watt. PLTB tersebut akan dibangun di Pantai Gading Mas meliputi wilayah Desa Tirtohargo Kretek, Srigading, Sanden dan Poncosari Srandakan Bantul.

Tentu saja warga yang mengelola dan yang akan kecipratan rejeki dengan keberadaan Gading Mas berharap, Kincir raksasa pembangkit listrik tenaga angin ini bisa jadi wahana dan ikon objek wisata baru untuk menaikkan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan dalam negeri. Kerena di kincir raksasa ini wisatawan bisa selfie sambil menikmati keindahan pesisir pantai selatan Jogja. Mau Coba?

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger