Tempat Wisata Alam di Jogja Terpopuler Sepanjang Libur Lebaran 2017

Musim libur lebaran selalu membawa berkah bagi Wisata Jogja tak terkecuali pada tahun 2017 ini. Melalui penelusuran di berbagai channel sosial media, @Jogja_Uncover berhasil menghimpun 5 tempat wisata alam Jogja yang sangat populer sepanjang libur lebaran 2017 berdasarkan tingkat popularitasnya di media sosial, baik dalam hal intensitas obrolan, status, check in maupun foto-foto selfie yang tersebar.
Cekidot!!

Hutan Pinus Jogja 

Dikenal dengan nama Hutan Pinus Imogiri atau Hutan Pinus Mangunan. Mulai populer secara luas pada awal 2015 sebagai lokasi hunting foto dan pre-wedding kemudian pada Juli 2016 mencapai puncak popularitasnya untuk lokasi selfie anak muda.
Hutan Pinus ini merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan yang lokasinya tak jauh dari makan raja-raja kesultanan Mataram Yogyakarta di Imogiri. Karena itu orang-orang kebanyakan menyebutnya dengan nama Hutan Pinus Imogiri, walau sebenarnya lokasi tepatnya secara administratif berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Salah satu foto Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul sempat populer di situs 9GAG dengan komentar foto ± mencapai 2000 orang dan point ± 7000. Foto tersebut memperlihatkan view panggung terbuka yang bisa digunakan untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik.

Sebelum menjadi salah satu tujuan wisata, hutan di kawasan Mangunan adalah sebuah tanah tandus yang kemudian direboisasi. Tak hanya pinus, jenis pohon lain seperti mahoni, akasia, kemiri dan kayu putih juga ditanam di lahan yang luasnya kurang lebih 500 Ha ini. Kini kawasan Mangunan, terutama bagian yang ditanami pohon pinus tak hanya berfungsi sebagai hutan lindung namun juga dikelola sebagai salah satu objek wisata dengan fasilitas wisata yang cukup memadai.

Puncak Becici Jogja

Jauh sebelum mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama main ke Puncak Becici beberapa waktu yang lalu, tempat ini sudah cukup lumayan populer di kalangan anak muda Jogja. Dan kini pasca dikunjungi Barack Obama Puncak Becici mulai jadi buah bibir wisatawan dunia.
wisata jogja
Foto @ejiebelula

Berlokasi di desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Puncak Becici merupakan area hutan pinus seluas 4.4 hektar yang disadap getahnya. Wilayahnya masuk dalam RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan, area kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta. Setelah dikelola menjadi tempat wisata pada 2015 lalu, aktivitas penyadapan getah pun berhenti dan pekerjanya beralih profesi menjadi pengelola.

Gardu pandang diatas pohon Pinus jadi daya tarik wisatawan untuk berselfie. Gardu pandang ini hampir mirip di wisata alam kalibiru kulon progo. Dari Puncak becici wisatawan bisa mengabadikan momen matahari tenggelam atau sunset. Karena puncak becici berada di tebing yang agak menjorok dan menghadap ke barat, sehingga pemandangan kota Jogja hingga gunung Merapi terlihat dengan jelas.

Tebing Breksi Jogja

Kisah aktifitas gunung api selalu menarik untuk dinikmati, terlebih karena kita hidup berdampingan dengannya, atau malah hidup diatas sisa-sisa letusannya. Salah satunya sebut saja di Kawasan cagar alam Taman Tebing Breksi Prambanan Jogja.
wisata Tebing Breksi Jogja
Foto @traveler_IND
Taman Tebing Breksi di Sambirejo Prambanan adalah hasil singkapan batuan endapan abu vulkanik dari erupsi gunung api purba jutaan tahun silam yang membentuk morfologi bukit. Penambangan oleh penduduk setempat menyebabkan kupasan tebing setinggi 30m dengan ketebalan sesungguhnya lebih dari 60m, sementara puncak perbukitan ini mencapai 300 meter dengan ketebalan 250 meter. Terdapatnya batuapung membuktikan secara empiris jika endapan ini merupakan hasil letusan gunung api super eksplosif.

Sebenarnya apa yang terjadi dengan Yogyakarta dimasa Purba ? Seperti apakah bentuk wajah Gunung Kidul saat itu ? Simak di sini Sejarah Tebing Breksi

Kalibiru Kulon Progo
Lebih duluan populer sebagai wisata Jogja alternatif buat selfie sejak akhir tahun 2014 dan terus ngehits hingga mencapai puncaknya pada bulan Juli 2016 lalu.
Kalibiru kulon progo
Foto IG : antaraeco

Kalibiru adalah nama sebuah desa sekaligus hutan wisata yang mulai dibangun pada tahun 2008. Terletak di kecamatan Kokap, tepatnya di lokasi perbukitan menoreh kulonprogo Yogyakarta yang berada diketinggian 450 m dpl. Tempat ini tidak jauh dari kota Wates yang hanya berjarak 10 km.
Ada tempat asyik buat berselfie di sini, yaitu semacam menara pandang dari kayu yang terletak di atas pohon pinus dan bisa dicapai melalui tangga bambu. Dari atas sinilah keindahan Waduk Sermo dapat terlihat di kejauhan. Selfie disini membuat banyak anak muda "ngiri" dan akhirnya Kalibiru jadi perbincangan.

Pantai Jogja
Bagaimana dengan Pantai Jogja ?!
Simak ulasannya di sini
Wisata Pantai di Jogja Terpopuler 

*MOHON MAAF jika ada kekeliruan penulisan sumber foto. Silakan hubungi Admin untuk dikoreksi

Follow Jogja Uncover

Georitmus | MTGS

Seperti halnya di akun sosmed, di Blog ini kamu juga akan menemukan istilah Georitmus dan MTGS pada bagian menu.
  • Georitmus

    Grafik potensi.

  • Tanggal MTGS

    Kurun waktu potensi.

  • Mitigasi

    Persiapan dini.

  • Kesadaran

    Terciptanya masyarakat sadar bencana.

    SoraTemplates | Free Blogger Templates | Blogger