Home » , » Tempat wisata baru di puncak Panguk Jogja

Tempat wisata baru di puncak Panguk Jogja

Puncak Panguk Jogja begitulah wisatawan lokal menyebutnya, tempat wisata Jogja yang berada di atas bukit ini mulai viral di sosial media pada pertengahan 2016 lalu dan berlanjut hingga 2017. Puncak panguk sendiri tergolong wisata alam perbukitan yang masih fresh karena baru buka sekitar petengahan bulan Mei tahun 2016.

Tempat wisata Puncak Panguk Jogja
Foto @specta_corp

Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berada di ujung paling tenggara Kabupaten Bantul, berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul dengan sungai kali Oya di tengahnya. Disanalah lokasi tempat wisata Jogja ini berada. Masih satu kawasan dengan kebun buah mangunan dan hutan pinus dlingo yang sudah lebih dulu terkenal dengan keindahan alamnya.

Menurut pengelola, " Panguk " berarti anguk-anguk yang berarti melihat dari tempat ketinggian. Dari sini wisatawan yang kebanyakan anak muda Jogja dapat melihat pemandangan sunrise dan hamparan alam nan hijau dengan balutan kabut bagai negeri di atas awan. Biasanya wisatawan menghabiskan waktu 1 jam lebih di sini. Mereka memilih datang di waktu pagi jelang matahari terbit.

Tempat wisata Puncak Panguk Jogja
Foto @specta_corp

Rute ke lokasi tempat wisata bukit panguk cukup mudah sama seperti ke Hutan Pinus atau Kebun Buah Mangunan. Dari Jogja menuju Imogiri, kemudian ke arah Kebun Buah Mangunan dan akan ketemu papan penujuknya. Saat tiba di sekitar Kebun Buah Mangunan, tanya saja warga kemana arah Kediwung, setiba di Dusun Kediwung ada banyak petunjuk rute yang sudah banyak dipasang oleh pengelola setempat.

Untuk masuk ke objek wisata Puncak Panguk wisatawan hanya membayar uang semampunya untuk pengelolaan objek wisata karena belum ada tarif resmi, namun biaya parkir dikenakan harga Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Tak perlu khawatir untuk tempat istirahat,  di Puncak Panguk tersedia Gazebo dan warung warung makan.
DMCA.com Protection Status
Copas Artikel Silakan Cantumkan link sumber
Share Artikel di Medsos
loading...
Follow Sosmed Jogja Uncover
Facebook Twitter
Terima Kasih Sudah Membaca Tempat wisata baru di puncak Panguk Jogja

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

Cari Artikel